Rabu, 26 Desember 2012

Tugas Ilmu Sosial Dasar 2

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan


Penduduk
    Di dalam suatu daerah atau negara pasti terdapat seseorang atau sekelompok manusia atau kumpulan manusia yang tinggal atau mendiami suatu daerah atau negara tersebut. Seseorang atau sekelompok manusia tersebut disebut sebagai penduduk. Jadi penduduk adalah orang yang tinggal di daerha tersebut dan menetap disana untuk jangka waktu yang sebenta atau sementara maupun lama atau selamanya.
           
      Menurut ilmu sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang mendiami suatu daerah atau wilayah geografi tertentu. Daerah-daerah yang ditempati juga memiliki karakteristik yang bermacam-macam. Ada yang tinggal di daerah pegunungan, daerah pantai, daerah perkotaan, daerah pedesaan daan daerah-daerah lainnya.Selain karakteristik daerah yang berbeda sifat seseorang yang satu dengan sesorang lainnya juga berbeda, begitupun dengan penduduk yang satu dengan penduduk lainnya. 
               
      Jumlah suatu penduduk pada suatu daerah juga tidak tetap setiap hari atau bahkan tiap tahun atau waktu tertentu. Jumlah tersebut bisa saja berkurang atau bertembah, Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk tersebut diantaranya ialah faktor kelahiran, kematian dan juga imigrasi atau perpindahan penduduk dari daerah yang satu ke daerah yang lain.

Masyarakat
      Pada suatu daerah tidak akan mungkin terdapat masyarakatnya jika tidak ada penduduk, pendudukpun jugaa tidak akan ada jika tidak ada orang atau manusia. pengertian masyarakat ialah orang-orang yang tinggal di suatu tempat atau daerah untuk waktu yang cukup lama dan hidup secara bersama-sama serta melakukan berbagai kegiatan dan menghasilkan suatu kebudayaa.

     Masyarakat, juga terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, dan adat istiadat yang berbeda-beda. Apalagi di Indonesia yang memiliki berbagai macam suku, bahasasa dan adat istiadat.

       Kehidupan, dan kebudayaan masyarakat di kota dan pedesaan berbeda. . Setiap orang juga memiliki kehidupan yang berbeda-beda. Ini semua daoat dilihat dari situasi atau kondisi tempat yang berbeda, dan keadaan yang berbeda juga. Tidak semua fasilitas atau kebutuhan atau perlengkapan-perlengkapan yang ada dikota juga ada di pedesaan. Oleh karena itulah yang membuat kehidupan dan kebudayaan anatara perkotaan dan pedesaan berbeda. Itu semua dapat dilihat dari cara berpakaian, berbicara, tingkah laku, pola makan, aktivitas dan juga komunikasi yang dilakukan.

Kebudayaan
          Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sekelompok orang dan kemudian diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, dalam bahasa inggris kebudayaan disebut culture yaitu mengolah atau mengerjakan. Negara Indonesia adalah salah satu negara yang sangat akan kaya dengan ragam kebudayaannya. Dari bahasa, adat istiadat, kerajinan tangan, agama dan juga sukunya. 

Permasalahan dan perkembangannya
      Akan tetapi dengan banyaknya kebudayaan ini menimbulkan suatu masalah seperti perebutan atau pengakuan kebudayaan indonesia oleh negara lain seperti malaysia. Hal ini terjadi karena kita belum benar-benar menjaga, mempertahankan dan melestarikan kebudayaan tersebut. Selain itu masalah yang timbul adalah jumlah penduduk yang sangat banyak dan tumbuh tidak merata, sehingga menyebabkan kesenjangan sosial di berbagai daerah atau tempat seperti kemiskinan yang sangat menyedihkan. Lalu setelah itu kondisi alam yang tidak dijaga dengan baik seperti penebangan hutan yang liar, pembangunan perumahan atau gedung yang berlebihan, pengurangan lahan dan lainnya sengingga menyebabkan suatu kejadian bencana alam yang akhirnya merugikan diri sendiri dan orang lain, contohnya seperti tanah longsor, gempa bumi dan juga banjir. Bencana atau permasalahan yang sering kita temui saat ini adalah banjir, hampir setiap tahun di suatu tempat tertentu dilanda banjir yang tinggi. Bahkan hampir setiap hujan saja banjir terjadi. Terlebih lagi kota jakarta yang merupakan ibu kota dari negara indonesia saja , sering sekali mengalami banjir setiap hujan datang.

        Hal inilah yang perlu kita perhitungkan dan kita pertimbangkan, kita harus menjaga lingkungan di sekitar kita agar tidak terjadi bencana atau hal- hal yang tidak di inginkan.Terlebih lagi dengan kota jakarta yang merupakan ibu kota indonesia, yang merupakan pusat dari kawasan bisnis maupun perkantoran, dan perdagangan juga.




Nama   :  BIBIM NUGROHO
NPM     :  21412455
Kelas    :  1IC05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar