ScienceDirect
Procedia Teknik 129 (2015) 787 - 792
Konferensi Internasional Teknik Industri
Penelitian
pengaruh spektral dampak getaran pada manusia
tulang belakang
Palatinskaya I.P.*, Pirogova N. .
Abstrak
Artikel ini mengusulkan
model pengaruh getaran pada operator transportasi motor. Penelitian ini
dilakukan untuk menentukan beberapa aspek distribusi spektral dari kondisi
vibro dimuat dari tulang punggung operator pada departemen dari backbone dan
setara ketegangan. Sebagai pengaruh eksternal getaran sinyal sinusoidal sesuai
dengan maximum- nilai-nilai yang diizinkan percepatan getaran getaran transportasi
dari kategori 1 tergantung pada frekuensi senyawa Octava strip dalam kisaran
dari 1 Hz sampai 63 Hz diteliti. Kami menciptakan sebuah "pesisir"
model 3D biomekanis yang dinamis dari "kepala + backbone "sistem
operator transportasi motor, menggunakan 'Solidworks' 3D-perangkat lunak, dan
memperhitungkan antropometri parameter dari tubuh pose, karakteristik
struktural, fungsional dan biomekanik dari serviks, dada dan lumbar segmen dari
tulang punggung.
© 2015 The Authors. Diterbitkan oleh Elsevier Ltd Ini adalah artikel akses
terbuka di bawah CC BY-NC-ND lisensi
Peer-review di bawah tanggung jawab panitia Konferensi
Internasional tentang Rekayasa Industri (ICIE-2015)
Kata kunci: vibro memuat, tulang belakang
manusia, pemodelan, karakteristik amplitudo-frekuensi
1. pengantar
Dengan pertumbuhan peluang sarana komputasi
modern, perhatian besar, baik dalam ilmiah teknis arah, dan dalam medis,
diberikan kepada komputer pemodelan proses biomekanik terjadi di manusia tubuh
[1 ... 3], yang nyata pernyataan sering rumit karena kompleksitas atau
ketidakmungkinan membawa eksperimen di depan umum.
* Corresponding author. Tel.: +7-351-904-26-75;
E-mail address: palatinskaya@mail.ru
1877-7058 © 2015 The Authors. Published by Elsevier Ltd. This is an open access article under the CC BY-NC-ND license
(http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/).
Peer-review under responsibility of the organizing committee of the International Conference on Industrial Engineering (ICIE-2015)
doi:10.1016/j.proeng.2015.12.105
Artikel ini dikhususkan
untuk penelitian distribusi amplitudo-frekuensi vibro memuat pada tulang
punggung
orang
pada dampak dari getaran umum dari "transport" kategori 1 pada
"kosta" model virtual yang dikembangkan 3D
sistem
biodinamik "kepala + tulang punggung" dari operator seseorang dari
perangkat transportasi otomatis.
2. hubungan
Pengurangan dampak getaran dari perangkat teknis
pada operator orang adalah masalah dunia nyata. Dari contact sistematis orang
dengan peralatan bergetar penyakit vibro yang mengarah ke cacat penuh sebagai Hasil
bisa timbul dan berkembang [4]. Menurut Departemen Tenaga Kerja dan Sosial
Perlindungan Rusia merugikan kondisi kerja adalah alasan dari tingginya tingkat
cedera operasional dan penyakit akibat kerja [5]. Oleh estimasi tersedia dari
Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), 2,34 juta orang meninggal dari
kecelakaan dan penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan [6]. Sebagian besar
dari mereka - sekitar 2,02 juta - meninggal dari berbagai kerja
penyakit. Dari 6300 setiap hari terjadi kasus
yang fatal terhubung dengan pekerjaan 5500 datang karena penyakit akibat kerja.
Dalam
distribusi penyakit akibat kerja terungkap di bekerja di Federasi Rusia menurut
statistik Data dari Badan Federal Biologi Medis, lebih dari 50% penyakit adalah
penyakit vibro dari lumbosakral radiculopathy [6]. Pangsa utama dari pekerja
yang terpapar penyakit tersebut adalah driver dari berbagai bermotor perangkat
transportasi yang terkena dampak berkelanjutan dari getaran transportasi umum
[6]. Diantara menyebabkan menyebabkan terjadinya penyakit akibat kerja karena
paparan getaran, masih: cacat konstruktif fasilitas transportasi dan ketidaksempurnaan
tempat kerja driver.
Penilaian
higienis transportasi umum getaran Mempengaruhi permanen dan non-permanen pada
manusia, menurut [7 ... 10] dilakukan terutama mengingat analisa spektral dari
parameter rating, maka penilaian frekuensi parameter Peringkat terintegrasi,
dan berakhir dengan penilaian yang terintegrasi mengingat
saat tingkat setara paparan getaran (energi) dari
parameter Peringkat ..
Dalam
analisis spektral parameter wisatawan yang tingkat maksimum yang diizinkan dari
nilai persegi rata-rata vibrospeed dan akselerasi getaran atau tingkat
logaritmik mereka tergantung pada frekuensi senyawa dalam kisaran 1 ... 63 Hz
[7, 8], pada penilaian yang terintegrasi dalam rentang frekuensi yang diberikan
- nilai disesuaikan kecepatan dan akselerasi atau tingkat logaritmik mereka,
sedangkan penilaian terpadu getaran mengingat waktu dampaknya pada tingkat setara
- setara dengan nilai disesuaikan kecepatan getaran atau percepatan atau
tingkat logaritmik mereka.
Dengan demikian, perkiraan kasar dikembangkan
dari dampak getaran pada operator tidak memungkinkan untuk mengungkapkan
distribusi Vibro loading pada tubuh seseorang, dan, karena itu, untuk mengungkapkan
sensitivitas getaran departemen yang berbeda dari tulang punggung orang
tersebut. Memperoleh data tersebut akan memungkinkan untuk membangun kriteria
untuk pilihan ekonomis cara yang wajar menurunkan sebuah vibroloading dari
operator orang perangkat transportasi.
3. Rumusan masalah
Mengembangkan 3D-model
dinamik dari tubuh manusia, kita membangun pada persyaratan operasi, tergantung
pada Tujuan penelitian, akurasi antropometri dan kemampuan biomekanik [11 ...
14]. parameter antropometri perangkat Operator tubuh-transportasi manusia ditentukan
oleh posisi kerja yang [33], lihat Gambar. 1.
Analisis literatur terhubung dengan struktur, fisiologi dan
anatomi tubuh orang tersebut [15 ... 17], memungkinkan untuk mendefinisikan
karakteristik struktural, fungsional dan biomekanik dari serviks, dada dan
lumbar - departemen sacral dari tulang punggung dari tubuh orang tersebut,
lihat Tabel 1.
Gambar. 1. Kerja menimbulkan operator orang perangkat transportasi
bermotor: 1 - ketinggian kolom tulang belakang, 2 - tinggi kepala.
Menurut penelitian medis dampak dari getaran umum mengarah ke
microinjuring langsung dari backbone karena beban aksial besar disk
intervertebralis, overloads lokal di tulang belakang dan motif segmen yang
mengarah ke degenerasi disk [18]. Oleh karena itu kolom tulang belakang terdiri
dari badan vertebra dan disk intervertebralis awalnya dibangun dan kemudian tunas dari
vertebras, yang tujuan dimasukkan dalam disajikan Model - transfer properti
inersia sesuai dengan backbone nyata hanya simulasi.
Tabel 1. Sifat bahan vertebra dan diskus
intervertebralis di departemen
4. bagian
teoritis
Penciptaa 3D-model sistem biodinamik
"(kepala + tulang punggung) dari operator orang motor perangkat
transportasi ", dilakukan pada [19] algoritma yang ditawarkan dalam
pekerjaan: pembentukan model informasi, desain dalam model solid tiga dimensi
(paket software SolidWorks), dan kemudian mengimpornya dan simulasi berikutnya
di ANSYS Teknik vibronagruzhennosti.
Dasar untuk pembangunan model pesisir [12]
menjabat sebagai X-ray dan MRI gambar beberapa orang laki-laki (Rata-rata usia
30-40 tahun), lihat Gambar. 2.
Sistem
"(kepala + tulang) dari operator manusia dari perangkat transportasi
dibangun sebuah model tiga dimensi manusia Kolom vertebral dalam paket
3D-pemodelan Solidworks [20]. "Kepala" dari operator, seperti yang
ditunjukkan pada Gambar 2, digantikan oleh titik materi. Hal ini wajar bahwa
negara tegangan-regangan terlihat di tulang belakang. Dari "kepala"
dari Operator hanya perlu karakteristik inersia dan koordinat pusat gravitasi.
Gambar 2. Model perhitungan tulang belakang, dibangun
dalam paket 3D-modeling Solidworks.
I.P. Palatinskaya and N.С. Pirogova / Procedia Engineering 129 (2015) 787 – 792
Ciri
ini massa dan momen inersia, mereka secara otomatis dihitung dalam Workbench dan
dapat diterapkan ke titik materi.
Asumsi
utama diterima dalam penelitian:
hanya
tulang punggung terdiri dari tulang dan disk intervertebralis dianggap.
Jaringan lunak orangsekitarnya tidak dianggap;
berat
kepala diterima 3,2 kg [17].
perilaku
tulang dan disk intervertebralis tunduk kepada hukum linear;
pengaruh
eksternal perlu sinusoidal: a (t) = sin (wt).
5. Hasil studi eksperimental
Pada perhitungan akhir dan elemen dibangun model
kondisi cacat intens kolom tulang belakang operator yang berada di bawah
pengaruh getaran umum 1 kategori dalam rentang frekuensi 1 ... 90 Hz yang dilakukan.
Parameter pengaruh getaran eksternal adalah ukuran maksimum yang diizinkan dari
vertikal dan percepatan getaran horisontal sesuai dengan frekuensi senyawa
Octava strip dari FSG (lihat Tabel 2) [7]. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan analisis harmonik antara Ansys Workbench.
Hasil
pemodelan komputer diberikan dalam ara. 3, 4.
Gambar.
3. distribusi Histogram dari nilai-nilai maksimum dan minimum dari stres setara
di tulang belakang, tergantung pada frekuensi
efek
menarik.
5. Kesimpulan
Analisis hasil pemodelan dampak getaran transportasi pada tubuh orang
operator di frekuensi normal (lihat Tabel 2) diperbolehkan untuk menarik
kesimpulan berikut. Nilai maksimum ketegangan setara dalam kolom tulang
belakang yang terungkap pada FSG = 1Hz dan FSG = 8 Hz (lihat Gambar. 3).
Bertepatan dengan data
studi percontohan [21], pada - yang di kisaran 2 ... 14 Hz terletak frekuensi
resonansi dari kolom tulang belakang orang tersebut. Oleh karena itu,
dikembangkan "kosta" model memungkinkan untuk melakukan
penelitiantentang pengaruh getaran pada operator orang perangkat transportasi
bermotor.
Gambar tekanan 4. Fields setara di tulang belakang yang mengakibatkan
osilasi pada frekuensi dari 1, 2, 4, 8, 16, 31,5 Hz.
I.P. Palatinskaya and N.С. Pirogova / Procedia Engineering 129 (2015) 787 – 792
sensitivitas
getaran serviks, dada dan lumbar departemen dari tulang punggung orang tersebut
adalah sekitar identik pada frekuensi senyawa 1 Hz dan 2 Hz. Hal ini juga
bertepatan dengan data studi percontohan [21, 8, 9] yang menegaskan penerapan
mengembangkan modeli.avtotransportnykh perangkat.
Pada
frekuensi dipelajari lainnya (lihat Gambar. 4), terungkap bahwa sensitivitas
getaran setiap departemen dari backbone adalah berbagai. Respon yang lebih
besar pada frekuensi rendah (lihat Gambar. 4) adalah saham pada serviks, dan
kemudian dari lumbar departemen. Data yang diperoleh dari Departemen serviks
dikonfirmasi oleh yang di desain dari kursi pengemudi yang permukaan dasar
tambahan dimasukkan ke dalam praktek - kepala menahan diri [13, 14] yang mengurangi
gerakan spontan oleh kepala operator orang. Namun dalam dokumen normatif dari
Federasi Rusia persyaratan Keberadaan permukaan dasar bagi kepala kursi
pengemudi angkutan produksi tidak ada [22]. Ada juga tidak ada persyaratan
untuk ergonomi dukungan di kursi di bidang departemen lumbal operator.
Dengan
demikian, hasil pemodelan kondisi cacat intens dari tulang punggung operator
orang mengungkapkan kebutuhan akuntansi distribusi dari negara vibroloaded di
departemen tulang punggung di desain kursi dari Sopir dalam peralatan
transportasi bermotor baru.
Referesi
[1] G.J. Steina, P. Muckaa, B. Hinzb, R. Bluthner, Measurement andmodellingofthe y-direction apparentmassof sitting humanbody–cushioned
seat system, Journal of Sound and Vibration. 322 (2009) 454–474.
[2] H. Ayaria, M. Thomasa, S. Dorea, O. Serrus, Evaluation of lumbar vertebra injury risk to the seated human body when exposed to vertical
vibration, Journal of Sound and Vibration. 321 (2009) 454–470.
[3] Li-Xin Guoa, Ming Zhangb, Zhao-WenWangc,Yi-Min Zhanga, Bang-ChunWena, Jin-Li Li, Influence of anteroposterior shifting of trunk
mass centroid on vibrational configuration of human spine, Computers in Biology and Medicine. 38 (2008) 146–151.
[4] V.V. Kosarev, S.A. Babanov, Professional diseases: Studies. Grant, High school textbook: INFRA-M, Moscow, 2011.
[5] About a condition of sanitary and epidemiologic wellbeing nasele-a niya in the Russian Federation in 2014, Federal Service for the Oversight
of Consumer Protection and Welfare, State report, Moscow, 2015.
[6] Information on www.ilo.org/publns
[7] N 2.2.4/2.1.8.566-96, The sanitary norms of industrial vibration, vibration of residential and public buildings, Information prod. center,
Moscow, 1997.
[8] GOST 31191.1-2004 (ISO 2631-1:1997), Vibration and shock. Measurement and evaluation of human exposure to whole-body vibration, Part
1. General requirements, Standartinform, Moscow, 2008.
[9] GOST IS 8041-2006,Vibration. Human response to vibration. Measuring instrumentation, Standartinform, Moscow, 2008.
[10] GOST 12.4.094-88 SSBT, Occupational safety standards system. Method for determination of dynamical characteristics of human body
under vibration action, Publishing house of standards, Moscow, 2003.
[11] GOST R IS 15536-2-2010, Ergonomics.Computer manikins and body templates, Part 1, General requirements, Standartinform, Moscow,
[12] GOST R IS 15536-2-2010, Ergonomics. Computer manikins and body templates, Part 1, Verification of functions and validation of
dimensions for computer manikin systems, Standartinform, Moscow, 2011.
[13] GOST R N 614-1-2003, Safety f machin . gonomic design principles, Part 1, Terms, definition and general principles, IPK
Publishing house of standards, Moscow, 2004.
[14] GOST 12.2.049-80, Occupational safety standarts system. Indastrial equipment, General egronomic requirements, Publishing house of
standards, Moscow, 2002.
[15] V.A. Berezovsky, Biophysical characteristics of tissues of the person: reference book, Sciences. thought, Kiev,1990.
[16] Information on http://www.mc-profi.ru/pozvonochnik-heloveka.html
[17] M.R. Sapin, Human anatomy, Musculoskeletal device. Internals (digestive and respiratory systems), Alliance-in, Moscow, 2000.
[18] N.A. Mukhin, V.V. Kosarev, S.A. Babanov, V.V. Fomin, Professional diseases, Geotar-media, Moscow, 2013.
[19] I.P. Palatinskaya, N.Yu. Dolganina, Sozdaniye of dynamic biomechanical model of lumbar department of the person operator of motor
transportation devices, Prospects of development of science and education". The TTU of Akkad. M. S. Osimi bulletin, Dushanbe. 2(26) (2014)
86–92.
[20] I.P. Palatinskaya, N.S. Pirogova, S.P. Samoylov, Features of creation of the virtual phantom of a backbone of the operator of motor
transportation devices, Health and safety in the third millennium, Collection of materials VI of the International scientific and practical
conference, Chelyabinsk, YuUrGU. (2015) 206–212.
[21] K.V. Frolov, Vibrations in equipment: reference book, Protection against vibration and blows, Moscow, Mechanical engineering. 6 (1981)
366–373.
[22] GOST IS 10326-1-2002, Vibration. Laboratory method for evaluating vehicle seat vibration, Part 1. Basic requirements Standartinform,
Moscow, 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar